Menu

Di dunia kedokteran, cara menghilangkan flek hitam, sproeten, melasma dan noda di wajah secara klinis bisa dilakukan melalui beberapa metoda. Misalnya teknik laser, chemical peeling, dermaroller, pemberian eksfolian dan pemutih, serta micro-dermabrasi. Apa keuntungan dan kelebihannya? Mana yang lebih murah dan mahal? Dan mana yang lebih efektif? Informasi tersebut bisa dapatkan di artikel yang akan kita bahas.

Flek hitam pada umumnya disebabkan oleh radiasi sinar ultraviolet, faktor usia dan sebab-sebab hormonal. Tapi di samping itu, ada beberapa faktor lain yang menjadi pemicu flek, yaitu :
  1. Produksi minyak.
  2. Kulit yang sukar beregenerasi.
  3. Akibat faktor genetika.
  4. Alat kontrasepsi seperti pil KB.
  5. Iritasi kulit.
  6. Stress.
Diantara problem kulit yang umum terjadi pada wanita, maka menghilangkan flek dan noda hitam membutuhkan waktu recovery yang lebih lama. Juga menghabiskan lebih banyak biaya. Jangankan menghilangkan flek hitam melalui cara alami, metoda klinispun membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi bila kondisinya cukup parah sehingga menembus ke lapisan epidermis. Tidak jarang seseorang harus berobat ke luar negeri (misalnya ke singapura) untuk menjalani perawatan intensif. Banyak juga yang sudah mengalami perawatan tersebut menemui kegagalan, dan menyisakan problem baru yang cukup serius (misalnya kulit menjadi tipis, dan hipersensitif terhadap matahari).

Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan metoda menghilangkan flek yang hendak dicoba, alangkah baiknya menimbang dengan seksama kerugian dan kelebihannya.

Teknik medis dalam menghilangkan flek hitam dan noda di wajah

Menghilangkan Flek Hitam dengan aplikasi asam topikal

Kita akan mulai dengan cara yang paling murah, yaitu aplikasi asam topikal (krim atau cairan asam).
Metoda ini walaupun paling murah, akan tetapi bila komposisinya tepat dan dikombinasi dengan bahan-bahan lain bisa menjadi pilihan yang tepat. Jenis asam yang sering digunakan untuk mengatasi flek hitam adalah :

Krim AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan beta-hydroxy acid. Alpha hydroxy acid, sering dipakai untuk menghilangkan flek. Krim AHA dapat dihasilkan dari asam glikolat, asam sitrat, asam mandelic, asam laktat dan lain-lain [sumber]. Proses yang terjadi adalah kulit akan dicoba dikelupaskan baik secara wajar ataupun ekstrim (tergantung kepada teknik yang disukai oleh para medis yang bersangkutan). Bila menggunakan teknik wajar, maka masih bisa dipakai untuk jenis kulit sensitif. Namun tentunya akan mengakibatkan proses perawatan menjadi lebih lama. Alpha hydroxy acid selain dapat ditemukan dalam sediaan krim, juga bisa berbentuk serum.

Beta hidroksi acid dalam konsentrasi kuat, akan efektif dalam mengatasi noda hitam dan flek.
Retinol juga dikenal sebagai tretinoin, atau Retin-A. Disamping sangat efektif untuk membantu pengobatan jerawat, jenis ini sering digunakan sebagai pencerah wajah. Anda bisa menemukan jenis asam ini dalam sediaan krim, cairan dan gel.

Menghilangkan Flek Hitam Dengan Dermaroller

Dermaroller merupakan metode peremajaan, dan perawatan jaringan parut untuk menyempurnakan kulit yang bopeng bekas jerawat atau cacar, keriput [baca: cara mengatasi keriput], flek hitam, kulit kusam, bekas luka, bekas operasi, bekas melahirkan, flek dan bintik-bintik hitam, selulit, stretch mark. Dermaroller berisikan jarum-jarum halus di bagian roller untuk mengikis kulit mati dan membuat pori-pori lebih terbuka, sehingga memudahkan penyerapan obat. Biasanya diberikan krim anasthesi untuk menahan rasa sakit, sebelum metode ini dilakukan.

Metode dermaroller dalam menghilangkan flek hitam di wajah adalah sebagai berikut:
  1. Proses cleansing / pembersihan.
  2. Pemberian krim anaesthesi, sampai kulit terasa menebal.
  3. Roller kulit dengan berbagai arah ( atas-bawah-kiri kanan-diagonal) sekitar 10-12 menit, ditekan dengan menggesernya secara perlahan.
  4. Sterilisasi dengan NaCl atau air steril
  5. Pemberian serum, vitamin atau kolagen, khusus untuk scar
Teknik ini dilakukan tidak cukup hanya sekali (3x hingga 20x  perawatan), tapi dilakukan seminggu sekali atau disesuaikan dengan kondisi kulit pasien.

Menghilangkan Flek Hitam Dengan Mikrodermabrasi


Mikrodermabrasi adalah cara menghilangkan flek hitam dengan menggunakan kristal yang sangat halus untuk menggerus bintik-bintik gelap dari kulit Anda. Metoda ini sedikit tidak disukai karena prosesnya harus diulang beberapa kali selama beberapa bulan.
Mikrodermabrasi untuk mengatasi flek hitam dan noda
Mikrodermabrasi untuk mengatasi flek hitam dan noda

Menghilangkan Flek Hitam Dengan Chemical Peeling

Chemical peel merupakan metode pemberian asam konsentrasi tinggi untuk membuat kulit menjadi lebih sensitif. Kulit yang sensitif merupakan langkah awal untuk memudahkan pengelupasan kulit mati dan flek hitam. Banyak orang yang tidak menyukai metoda ini karena kulit mengalami merah-merah yang cukup lama.

Menghilangkan Flek Hitam Dengan Teknik Laser Resurfacing

Teknik laser ditempuh melalui penggunaan gelombang cahaya berkecepatan tinggi dalam menghancurkan flek dan noda hitam. Daerah berpigmen akan menyerap cahaya, dan dihancurkan kemudian mengalami penguapan. Tubuh akan bereaksi untuk menyembuhkan daerah tersebut, dengan membentuk keropeng supaya terjadi proses regenerasi kulit baru. Walaupun efektif dalam mengatasi flek hitam tapi sangat mahal, dan bisa menyakitkan. Dan metode ini harus dilakukan berkali-kali hingga flek hitam menjadi semakin menipis dan hilang. Teknik laser membutuhkan waktu sedikit lebih lama supaya kulit kembali pada kondisi normal.
Sebagai tambahan referensi, silahkan membaca artikel di link berikut cara menghilangkan flek hitam.

 
Top