21 April 2017

11 makanan terbaik untuk kecantikan kulit anda

Nutrisi sangatlah penting untuk kesehatan, tidak terkecuali untuk kecantikan kulit. Makanan yang tidak sehat dapat merusak metabolisme, menyebabkan kelebihan berat badan dan bahkan mempengaruhi organ tubuh seperti hati dan jantung.

Apa yang anda makan juga mempengaruhi kesehatan kulit.

Karena lebih banyak belajar tentang bagaimana makanan mempengaruhi tubuh, semakin jelas bahwa apa yang anda makan dapat secara signifikan mempengaruhi kesehatan dan penuaan kulit anda.

Artikel ini membahas 11 makanan terbaik untuk menjaga kesehatan kulit anda.

1. Ikan

Ikan berlemak, seperti salmon, dan makarel, adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Ikan-ikan tersebut sangat kaya sumber asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Asam lemak esensial diperlukan untuk menjaga kulit tetap tebal, lentur dan lembab. Sedangkan, defisiensi lemak omega-3 bisa menyebabkan kulit kering.

Lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan akan mengurangi peradangan (dimana kulit menjadi kemerahan dan berpengaruh terhadap kondisi jerawat, baca cara menghilangkan jerawat), dan bahkan membuat kulit anda kurang sensitif terhadap sinar UV yang berbahaya di matahari.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa suplemen minyak ikan dapat membantu melawan kondisi inflamasi dan autoimun yang mempengaruhi kulit, seperti psoriasis dan lupus.

Ikan berlemak juga merupakan sumber vitamin E, yang merupakan salah satu antioksidan terpenting bagi kulit. Mendapatkan cukup vitamin E sangat penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan pembengkakan.

Mereka juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi, yang diperlukan untuk membuat protein struktural yang menjaga kekuatan dan integritas kulit.

Terakhir, ikan merupakan sumber seng, mineral yang penting untuk mengatur peradangan, produksi sel kulit baru dan keseluruhan kesehatan kulit. Sedangkan kekurangan seng dapat menyebabkan radang kulit, lesi kulit dan penyembuhan luka yang lama.

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang sangat tinggi. Lemak ini banyak memberi manfaat pada tubuh, termasuk kesehatan kulit anda, yaitu menjaga agar kulit tetap lentur dan lembab.

Satu studi terhadap lebih dari 700 wanita menemukan bahwa asupan lemak total yang tinggi, khususnya jenis lemak sehat yang ditemukan pada alpukat, dikaitkan dengan kulit yang kenyal.

Bukti awal juga menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kerusakan UV pada kulit bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan flek hitam (baca: cara menghilangkan flek hitam di wajah).

Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang baik, yang merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. Vitamin E juga merupakan nutrisi kebanyakan orang Amerika yang tidak cukup.

Menariknya, vitamin E nampaknya bahkan lebih efektif bila dikombinasikan dengan vitamin C.

Vitamin C juga penting untuk kesehatan kulit. Kulit anda membutuhkannya untuk membuat kolagen, yang merupakan protein struktural utama yang membuat kulit anda tetap kuat dan sehat.

Kekurangan vitamin C jarang terjadi akhir-akhir ini, namun gejala umum meliputi kulit kering, kasar, bersisik dan mudah memar.

Vitamin C juga merupakan antioksidan yang melindungi kulit anda dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh sinar matahari dan lingkungan, yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan.

Penyajian 100 gram (sekitar 1/2 alpukat) menyediakan 10% RDI untuk vitamin E dan 17% RDI untuk vitamin C.

3. Kenari

Kenari memiliki banyak karakteristik yang menjadikannya makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Mereka adalah sumber asam lemak esensial yang baik, yaitu lemak yang tidak dapat dibuat tubuh anda sendiri.

Sebenarnya, mereka lebih kaya daripada kebanyakan kacang lain dalam asam lemak omega-3 dan omega-6.

Makanan yang mengandung lemak omega-6 terlalu tinggi dalam akan meningkatkan resiko peradangan, termasuk kondisi inflamasi pada kulit seperti psoriasis. Lemak omega-3, di sisi lain, membantu mengurangi peradangan di tubuh, termasuk di kulit.

Kenari mengandung rasio yang baik dari asam lemak ini, dan karenanya, dapat melawan respons inflamasi akibat terlalu banyak omega-6.

Terlebih lagi, kenari mengandung nutrisi lain yang kulit anda perlu berfungsi dengan baik dan tetap sehat.

Satu ons (28 gram) mengandung 6% RDI untuk seng, yang penting agar kulit berfungsi dengan baik sebagai penghalang, dan juga diperlukan untuk penyembuhan luka dan melawan bakteri dan pembengkakan.

Kenari juga mengandung sejumlah kecil antioksidan vitamin E, vitamin C dan selenium, selain 4-5 gram protein per ons.

4. Biji Bunga Matahari

Secara umum, kacang-kacangan dan biji merupakan sumber nutrisi yang penting bagi kesehatan kulit.

Biji bunga matahari adalah contoh yang sangat baik.

Satu ons (28 gram) biji bunga matahari mengandung 32% RDI untuk selenium antioksidan, 10% RDI untuk seng dan 5,4 gram protein.

Jumlah ini juga mengandung 37% RDI untuk vitamin E, yang merupakan cara terbaik untuk memastikan anda mendapatkan cukup vitamin dan antioksidan penting ini.

Selain itu, biji bunga matahari adalah sumber asam linoleat yang sangat baik , lemak omega-6 penting ditemukan pada kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak nabati sehingga kulit anda perlu tetap tebal, fleksibel dan lembab.

Dalam sebuah penelitian observasional besar terhadap lebih dari 4.000 wanita, asupan asam linoleat yang tinggi dikaitkan dengan risiko kulit kering dan tipis yang lebih rendah sebagai akibat penuaan.

5. Kentang Manis

Beta-karoten adalah nutrisi yang ditemukan pada tumbuhan.

Hal ini dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, dan ditemukan dalam sayuran berwarna oranye dan hijau gelap seperti wortel, bayam dan ubi jalar.

Ubi jalar adalah sumber vitamin A yang sangat baik.

Satu porsi 1/2 gelas (100 gram) kentang manis panggang mengandung cukup beta karoten untuk menyediakan hampir empat kali vitamin A dari RDI.

Karotenoid seperti beta karoten membantu menjaga kesehatan kulit anda dengan bertindak sebagai tabir surya alami.

Saat dikonsumsi, antioksidan ini tergabung ke dalam kulit anda dan melindungi sel kulit anda dari paparan sinar matahari. Hal ini dapat membantu mencegah sengatan sinar matahari, kematian sel dan efek kulit kering dan keriput yang dihasilkan.

Menariknya, beta karoten juga bisa menambahkan warna oranye dan hangat ke kulit anda, memberikan kontribusi pada tampilan yang lebih sehat secara keseluruhan.

6. Paprika merah dan kuning

Seperti ubi jalar, paprika merupakan sumber beta karoten yang sangat baik. Satu cangkir (149 gram) paprika merah cincang mengandung setara 92% dari RDI untuk vitamin A.

Paprika merah dan kuning juga merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik, yaitu antioksidan yang diperlukan untuk menciptakan kolagen protein, yang membuat kulit tetap kuat dan kuat. Satu cangkir paprika menyediakan mengesankan 317% RDI untuk vitamin C.

Sebuah studi observasional pada wanita menemukan bahwa mengonsumsi banyak vitamin C dikaitkan dengan kemungkinan kulit yang lebih rendah terhadap resiko kulit keriput dan menjadi kering dengan pertambahan usia.

7. Brokoli

Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit, termasuk zinc, vitamin A dan vitamin C.

Brokoli juga mengandung lutein, yaitu karotenoid yang bekerja seperti beta karoten. Melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut.

Dan brokoli juga mengandung senyawa khusus yang disebut sulforaphane, yang nampaknya memiliki beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan. Bahkan mungkin ada efek anti kanker, termasuk pada beberapa jenis kanker kulit.

Sulforaphane juga merupakan pelindung yang hebat terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Yang bekerja dengan dua cara, yaitu menetralkan radikal bebas berbahaya dan mengaktifkan sistem pelindung lainnya di dalam tubuh

Sulforaphane juga mengurangi jumlah sel kulit yang terbunuh oleh sinar UV sebanyak 29%, dan perlindungan berlangsung hingga 48 jam. Ada juga bukti bahwa ini membantu mempertahankan tingkat kolagen di kulit.

8. Tomat

Tomat adalah sumber vitamin C yang hebat dan mengandung semua karotenoid utama, termasuk lycopene.

Tomat untuk kecantikan kulit


Beta-karoten, lutein dan lycopene telah terbukti melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan juga dapat membantu mencegah kerutan.

Karena tomat mengandung semua karotenoid utama, maka tomat adalah makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Namun, karotenoid membutuhkan lemak untuk diserap, jadi pastikan untuk memadankan tomat dengan keju atau minyak zaitun.

9. Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon , atau senyawa tumbuhan yang bisa meniru atau menghalangi estrogen dalam tubuh.

Mereka mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan potensial, termasuk kemungkinan manfaat bagi kulit.

Satu studi kecil tentang wanita berusia 30 dan 40 tahun menemukan bahwa mengonsumsi isoflavon kedelai setiap hari selama 8-12 minggu memperbaiki keriput halus dan elastisitas kulit.

Pada wanita pascamenopause, kedelai juga dapat membantu meningkatkan kekeringan kulit dan meningkatkan kolagen, yang membantu menjaga kulit anda tetap halus dan kuat.

Isoflavon ini tidak hanya melindungi sel-sel di dalam tubuh anda dari kerusakan, tapi juga melindungi kulit anda dari kerusakan akibat sinar UV yang berbahaya. Bahkan dapat membantu mencegah perkembangan beberapa kanker kulit.

10. Cokelat Hitam

Kakao mempunyai manfaat pada kulit yang cukup mengesankan. Satu studi menemukan bahwa setelah 6-12 minggu mengkonsumsi bubuk coklat tinggi antioksidan, para peserta mengalami kulit yang lebih tebal dan lebih terhidrasi.

Kulit juga akan lebih halus tidak bersisik, lebih tahan terhadap sengatan matahari dan memiliki aliran darah yang lebih baik, yang membawa lebih banyak nutrisi ke kulit.

Studi lain menemukan bahwa mengkonsumsi 20 gram dark chocolate secara teratur yang tinggi antioksidan per hari dapat memungkinkan kulit untuk menahan lebih dari dua kali lebih banyak radiasi UV sebelum terbakar, dibandingkan dengan mengonsumsi coklat rendah antioksidan.

Beberapa penelitian lain telah menghasilkan hasil yang serupa, termasuk perbaikan penampilan keriput. Namun, perlu disebutkan bahwa setidaknya satu penelitian tidak menemukan efek signifikan.

Bukti menunjukkan bahwa coklat bisa menjadi alat yang ampuh untuk menjaga kulit anda tetap muda dan terlindungi dari kerusakan. Pastikan memilih cokelat hitam dengan setidaknya 70% coklat untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dan tetap menambahkan gula minimal.

11. Teh Hijau

Teh hijau juga memiliki kemampuan untuk melindungi kulit anda dari kerusakan dan penuaan.
Senyawa kuat yang ditemukan dalam teh hijau disebut katekin, yang akan melindungi dan memperbaiki kesehatan kulit anda dengan beberapa cara.

Seperti beberapa makanan antioksidan lainnya, mengkonsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Satu penelitian selama 12 minggu di 60 wanita meminum teh hijau setiap hari dapat mengurangi kemerahan dari paparan sinar matahari hingga 25%. Ini juga memperbaiki kelembapan, kekasaran, ketebalan dan elastisitas kulit mereka.

Sementara teh hijau adalah pilihan tepat untuk kulit sehat, anda mungkin ingin menghindari minum teh dengan susu. Ada bukti bahwa susu bisa mengurangi efek menguntungkan dari antioksidannya.

Sumber : The 12 Best Foods for Healthy Skin