24 November 2018

5 perubahan gaya hidup untuk memperbaiki kulit rawan jerawat

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana gaya hidup dapat memperbaiki kulit, itu karena jerawat muncul di permukaan kulit.  Akar masalahnya sering disebabkan oleh keadaan internal tubuhmu. Yang pada gilirannya akan dipengaruhi oleh pilihan gaya hidup kamu, kebiasaan dan kesejahteraan mental.

Kulit yang jernih dan sehat harus selalu diperlakukan secara holistik dan tidak hanya dengan satu pendekatan sempit yang hanya membahas satu aspek masalah.

Namun, jerawat dewasa sering berbeda dari jerawat remaja, karena biasanya bersifat hormonal daripada sebagai hasil dari pori-pori tersumbat atau kelebihan produksi sebum, minyak yang diciptakan kulit.

Ada berbagai macam obat jerawat dewasa di pasar, dari antibiotik dan kontrasepsi hingga perawatan laser. Sementara semua produk ini dapat membantu jerawat, ada perbaikan yang lebih mudah dan lebih alami yang dapat Anda coba terlebih dahulu.

Berikut adalah 5 perubahan gaya hidup yang akan memperbaiki kulit berjerawat, yang juga berguna saat kamu sedang berupaya untuk menghilangkan jerawat :



1. Perbaikan Asupan Makanan
Mungkin area yang paling penting untuk fokus pada kulit yang lebih baik. Semua yang dicerna oleh tubuh menghasilkan pengaruh fluktuasi hormonalmu. Beberapa dapat menyebabkan peradangan, mempengaruhi produksi sebum yang pada gilirannya menyebabkan jerawat. Itu sebabnya apa yang kita makan sangat berpengaruh untuk kesehatan kulit kita.

Setiap orang merespon secara berbeda dan memiliki tingkat toleransi mereka sendiri sehingga mengujinya satu jenis makanan pada satu waktu selama satu bulan atau lebih untuk melihat bagaimana kulit kamu merespons.

Ini membutuhkan kesabaran, tetapi adalah kunci untuk menemukan jenis makanan yang sesuai dengan tubuhmu, dan menemukan makanan apa yang menyebabkan atau memperparah jerawatmu.

Yang Harus Dihindari

  1. Makanan yang diproses. Kandungan tinggi dalam minyak olahan, gula, aditif inflamasi, pewarna buatan dan lemak trans buatan manusia.
  2. Susu. Peneliti percaya ada hubungan antara konsumsi susu dan berjerawat. Dan itu bisa disebabkan oleh hormon tertentu dalam ASI itu sendiri.
  3. Gula. Gula dapat menyebabkan peradangan. Hindari minuman berkarbonasi dan jus buah dan pilih makan buah-buahan dan cokelat hitam sehingga gula diserap sedikit demi sedikit dengan cepat.
  4. Kafein. Terlalu banyak kafein meningkatkan kortisol (alias hormon stres) dan yang dapat memicu produksi berlebihan dan peradangan
  5. Makanan pedas. Cabai menyebabkan panas dan ketidaknyamanan pada sistem pencernaanmu dan cabe yang berlebihan dapat menyebabkan bisul dan radang usus yang serius. Kulit kamu tidak terkecuali sehingga mengurangi asupan cabai untuk pencernaan yang lebih tenang dan lebih mudah. Jika kamu tidak bisa menggunakan rempah-rempah, cobalah cabai segar sebagai pengganti saus cabe olahan yang datang dengan semua produk olahan yang tidak kamu butuhkan.


Rekomendasi
Hindari makanan kaleng, kaleng soda, rantai makanan cepat saji dan pizza beku, dan targetkan alternatif segar yang lebih sehat. Tidak hanya akan terasa lebih enak, akan lebih mudah bagi tubuh kamu untuk mencernanya.

Makanan segar (terutama sayuran dan buah-buahan berdaun) mengandung banyak vitamin dan nutrisi bermanfaat tanpa semua sampah yang ditemukan dalam makanan olahan. Lebih mudah dicerna, cenderung tidak berdampak negatif terhadap keadaan alami tubuh kamu.

Bonus: Makanan segar yang sehat meningkatkan sistem kekebalan tubus. Membuat kamu kurang rentan terhadap kelelahan, infeksi dan penyakit - yang semuanya dapat menyebabkan jerawat.


2. Latihan
Berolahraga bermanfaat bagi kulit kamu dengan meningkatkan sirkulasi darah yang mengirim lebih banyak oksigen ke kulit. Ini membantu menghilangkan pemborosan sel, penumpukan minyak, dan penyumbatan di pori-pori kamu melalui keringat. Ingatlah untuk mandi setelah selesai melakukannya sehingga bakteri jahat tidak menumpuk di semua limbah kulit yang baru saja kamu bersihkan

3. Tidur
Semakin sedikit kamu tidur semakin tinggi kadar kortisol kamu dan dengan demikian kamu merasa tertekan. Tidur yang buruk juga memengaruhi penampilan kulit kamu dengan lingkaran hitam, mata bengkak dan dehidrasi. Usahakan 7-8 jam setiap malam agar kadar kortisol kamu terkendali dan kulit kamu memiliki waktu untuk pulih.

4. Stres
Tingkat stres yang meningkat meningkatkan produksi glukokortikoid, yang dapat mempengaruhi struktur dan fungsi kulit. kamu tidak dapat menghilangkan situasi stres dalam kehidupan tetapi kamu dapat memutuskan cara menanggapinya.

Jadi lain kali kamu merasa siap meledak hanya BERNAPAS. Dalam empat detik, tahan untuk dua dan keluar untuk empat. Kedengarannya agak konyol atau sederhana, tetapi ini adalah cara yang terbukti untuk membantu memerangi lonjakan emosi, menjaga perspektif, dan mengelola stres.

5. Hindari bahan kimia buatan dan produk komedogenik
Bahan kimia buatan diserap langsung oleh kulit kamu dan dipenuhi dengan banyak racun berbahaya yang tidak dibutuhkan kulit kamu. Ini mempengaruhi keseimbangan alami kulit dan dapat menyebabkan reaksi seperti jerawat, eksim dan iritasi.

Riasan dan produk dengan sifat komedogenik (pemblokiran pori) juga dapat memperburuk kulit karena mereka mencegah difusi oksigen yang cukup dari pori-pori kamu. Sementara primer dan yayasan mungkin bahkan kulit nada penyumbatan yang disebabkannya akan terakumulasi dengan minyak, mengiritasi folikel rambut dan menyebabkan jerawat.